Cara Makan Cuka Kurma

Cara Makan Cuka Kurma
Cara Makan Cuka Kurma 

Cuka kurma merupakan hasil fermentasi dari buah kurma. Cuka Kurma  memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan tubuh kita. Cuka kurma bisa dijumpai di apotik, toko obat, toko online atau bisa kamu juga bisa membuat cuka kurma sendiri.

Untuk membuat cuka kurma, tidaklah sulit. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa buah kurma segar kemudian dicuci. Setelah kering, potong dalam ukuran sedang dan buang bijinya. Lalu simpan dalam wadah yang terbuat dari kaca yang ditutup dengan kain katun, agar tidak terjadi perubahan reaksi kimia lain terhadap cuka kurma yang kamu buat. Simpan wadah yang berisi kurma di tempat yang terlindungi selama beberapa minggu. Setelah itu, kurma akan mencair dan proses selesai. kamu pun sudah bisa menikmati cuka kurma buatan kamu sendiri.

Cuka kurma membantu dalam mencukupi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain rasa kurma yang enak, cuka kurma merupakan multivitamin yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kita.

Selain buah kurma, cuka kurma juga kaya akan kandungan zat tanin yang membantu dalam menjaga kesehatan usus. Rajin makan cuka kurma akan membantu dalam membersihkan usus dan menjaga kesehatan usus agar tidak mengalami masalah.

Cuka kurma memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti halnya buah kurma. Cuka kurma memiliki kandungan kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, zinc,  thiamin, riboflavin, niacin, asam folat, vitamin A, vitamin K dan lain sebagainya.

Seluruh kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam cuka kurma ini akan membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, sehingga sistem daya tahan tubuh akan menjadi lebih kuat terhadap serangan berbagai penyakit.

Cuka kurma juga mengandung serat dan asam amino yang sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan kita. Rajin makan cuka kurma tidak akan menimbulkan masalah pada perut kita. Cuka kurma justru akan menjaga lambung dan sistem pencernaan kita dari berbagai gangguan bakteri dan parasit. Rajin makan cuka kurma akan membantu kita untuk terhindar dari penyakit pencernaan, seperti konstipasi, sembelit, wasir, dan kanker usus besar.

Kandungan kalsium selenium, mangan, tembaga, magnesium dan mineral lainnya yang terkandung di dalam cuka kurma dapat membantu dalam memperkuat tulang dan mencegah serta mengobati penyakit tulang, seperti osteoporosis di usia tua. Cuka kurma sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak dan menjaga kepadatan tulang pada orang - orang dewasa.

Rajin makan cuka kurma juga akan membantu tubuh untuk menangkal serangan penyakit jantung, penyakit hipertensi atau darah tinggi, dan penyakit stroke. Hal ini karena kandungan mineral potassium yang terdapat di dalam cuka kurma. kandungan potasium di dalam makanan dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Rajin makan cuka kurma juga akan membantu tubuh untuk menangkal serangan kolesterol tinggi dan obesitas. Kandungan serat di dalam cuka kurma akan membantu dalam menyerap kelebihan lemak yang menumpuk di dalam tubuh. hal ini tentu saja akan membuat tubuh menjadi lebih ramping dan perut kita pun akan menjadi lebih rata.

Sedangkan bagi ibu hamil dan menyusui, makan cuka kurma juga sangat baik untuk buah hati kita. Makan cuka kurma secara rutin selama masa kehamilan akan membantu dalam menjaga keseharan janin dan memperkuat rahima agar tidak terjadi keguguran pada kandungan.

Nutrisi yang terkandung di dalam cuka kurma juga akan membantu dalam meningkatkan aktivitas otak dan kesehatan janin di dalam kandungan. Kandungan asam folat dalam cuka kurma akan membantu janin agar tumbuh sehat dan normal hingga proses persalinan.

Sedangkan bagi ibu menyusui, rajin makan cuka kurma secara  rutin setiap harinya akan membantu menurunkan berat badan selepas persalinan, meningkatkan energi tubuh sehingga tidak mudah lemas, dan membantu dalam memperbaiki kualitas produksi ASI untuk kesehatan si buah hati.

Bagi kesehatan kulit, rajin makan cuka kurma akan memenuhi pembentukan kolagen untuk merangsang kesehatan kulit dari berbagai hal yang merusak kesehatan kulit kita. Rajin makan cuka kurma akan membantu dalam meregenerasi sel kulit yang mengalami kerusakan. Makan cuka kurma dapat membuat kulit menjadi lebih halus, lebih mulus, lebih kencang, dan lebih lentur.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam cuka kurma dapat membantu tubuh dalam melindungi lapisan luar kulit tubuh dan membantu untuk regenerasi sel kulit yang mengalami masalah, seperti kulit kering, kulit berjerawat, kulit bernoda, ataupun masalah kulit lainnya.

Cuka kurma memiliki kandungan vitamin dan mineral yang membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami masalah. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam cuka kurma juga membantu dalam menyembuhkan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

Cuka kurma dapat diminum setiap hari untuk suplemen tubuh dalam memenuhi vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Cara makan cuka kurma adalah dengan mencampurkan 2 sendok cuka kurma pada madu maupun air hangat. Atau kamu juga bisa meminum 2 sendok cuka kurma secara langsung tanpa menambahkannya ke dalam air minum.

Cara makan cuka kurma adalah diminum 2 sendok teh dua kali dalam sehari, yaitu sebelum sarapan pagi saat kamu baru bangun dari tidur atau saat perut sedang kosong dan sebelum kamu  hendak tidur di malam hari. Makan cuka kurma akan sangat baik dilakukan saat perut sedang kosong, karena kandungan zat Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam cuka kurma akan lebih mudah diserap tubuh secara sempurna.

Selama mengonsumsi sari kurma ini ada baiknya kamu menghindari minuman bersoda dan berkafein seperti, cola, kopi, dan teh, karena dapat berpotensi menghalangi penyerapan vitamin dan mineral yang  terdapat di dalam cuka kurma tersebut. Sehingga kandungan Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam cuka kurma tidak sempurna diserap oleh tubuh. jika kamu tetap ingin meminumnya, usahakan 1 jamatau minimal 30 menit  sesudah kamu makan cuka kurma.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Makan Cuka Kurma "