Kelezatan Masakan Khas Jambi Yang Populer

adsense 336x280
Jambi adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jambi dan terletak di pesisir timur Pulau Sumatera. Kota yang terbelah oleh Sungai Batanghari ini ternyata memiliki sejuta pesona. Salah satunya adalah pesona kulinernya. Makanan khas Jambi terkenal begitu enak dan akan membuat kamu rindu akan kota ini. Banyak juga penginapan di lokasi yang bisa menjadi pilihan ketika Anda datang ke kota ini, bahkan beberapa penginapan biasanya akan memberikan promo hotel di hari- hari tertentu.

Kembali lagi ke kuliner di Jambi, karena enaknya kuliner Jambi, Tim Peneliti Kuliner Internasional dari Amerika datang untuk sekadar ingin tahu rasa dan cara pembuatan masakan khas Indonesia. Lembaga pendidikan kuliner, The Culinary Institute of America (CIA) dari California, Amerika Serikat melakukan penelitian dan pengembangan kuliner atau masakan dengan menyaksikan langsung proses pembuatan dan mencicipi kuliner khas Jambi.

Bila Anda berkunjung ke Jambi, sayang rasanya jika tidak singgah sejenak dan mencicipi kuliner-kuliner khasnya tradisional khas masyarakat Jambi yang enak dan bergizi. 

Berikut beberapa kuliner khas Kota Jambi yang dapat Anda coba.

Gulai Tepek Ikan

Makanan ini adalah campuran ikan dan sagu yang diberi bumbu telur, garam, bawang merah, dan air. Adonan yang telah jadi kemudian dipipihkan atau ditepek, inilah yang mendasari pemberian nama tepek ikan. 

Setelah itu, tepek ikan direbus lalu dipotong berbentuk jajaran genjang. Bila sudah matang, tepek ikan disirami kuah gulai dengan bumbu yang kaya rempah-rempah seperti ketumbar, jintan, cengkih, kulit manis, lada manis, jahe, lengkuas, dan masih banyak lagi.

Ikan yang digunakan untuk membuat makanan khas Jambi ini biasanya ikan gabus, tenggiri, atau pun belida. Untuk gulainya saat ini cukup langka, namun masih selalu ada saat momen tertentu seperti hari pernikahan atau hari-hari besar agama Islam.

Gulai Tepek Ikan Khas Jambi
Gambar : Masakandapurku.com


Gulai Patin Khas Jambi

Gulai patin ini berbeda dengan gulai biasanya. Gulai Patin Khas Jambi dimasak dengan menggunakan tempoyak sebagai bumbu utamanya.

Dodol Nanas

Nanas menjadi salah satu komoditi unggulan di Jambi. Daerah penghasil nanas Jambi ini adalah Tangkit di Kabupaten Mauaro Jambi. Hampir seluruh warga Tangkit bergantung pada produksi nanas. Sehingga berbagai olahan nanas pun banyak di produksi oleh warga, yang terkenal adalah dodol nanas. Namun tidak hanya dodol, sejumlah olahan berbahan dasar nanas juga banyak diproduksi disini.

Kue Srikaya

Salah satu makanan unik khas Jambi adalah Kue Srikaya. Mungkin sebelumnya tidak terbayangkan bagaimana buah yang biasanya menjadi bahan minuman dan jus ternyata bisa menjadi olahan kue yang mantap rasanya. Kue di Jambi ini memang dinamai “Srikaya”, namun dalam bahan olahnya tidak menggunakan buah srikaya, yang dipakai sebagai bahan utama adalah tape.

Kue Srikaya berbahan dasar tape yang dicampur dengan santan, kemudian diberi pewarna hijau alami yang berasal dari daun pandan (sekaligus memiliki wangi khas pandan). Selain itu ditambahkan pula gula dan rempah-rempah pendukungnya. Rasanya sangat nikmat dan memiliki aroma yang khas.

Nasi Gemuk

Nasi Gemuk merupakan olahan nasi rasa yang menjadi makanan khas Melayu. Di Malaysia ada menu yang mirip dengan nasi gemuk, yakni nasi lemak. Di Jawa, nasi rasa juga biasa kita temui dalam acara-acara sakral dengan dibentuk menggunung yang kemudian kita kenal dengan nama tumpeng. 

Nasi Gemuk
Gambar : masakandapurku.com

Nasi Gemuk biasanya dijadikan menu sarapan di pagi hari. Hal yang unik, Nasi Gemuk juga bisa didapatkan di Malaysia ataupun Singapura dengan sebutan Nasi Lemak. Kuliner ini terbuat dari beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk. Nasi Gemuk Jambi biasanya berisi telor rebus, daging sapi suwir + saos sapinya yang manis, emping dan sambel manis khas Jambi.


Tempoyak Jambi

Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi, namun dapat juga dimakan langsung. Hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri.

Tempoyak juga bisa kita temui di beberapa daerah dengan rasa yang berbeda-beda. Daerah-daerah tersebut seperti Jambi, Palembang, Lampung, sampai beberapa kota di Kalimantan juga terdapat menu Tempoyak. Tempoyak bisa dijadikan bumbumasakan, pepes, dan sambal.

Demikian informasi mengenai masakan khas Jambi ini, semoga menjadi referensi yang baik untuk pembaca semuanya.
adsense 336x280

2 Responses to "Kelezatan Masakan Khas Jambi Yang Populer"