Makanan Fitnes Untuk Pemula

adsense 336x280
Makanan Fitnes Untuk Pemula
Makanan Fitnes Untuk Pemula - Foto : carafitnes.com

Beberapa cara untuk menerapkan pola hidup yang sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin melakukan latihan olah raga, seperti fitnes. Fitnes menjadi olahraga yang sangat diminati oleh banyak orang, terkhusus masyarakat perkotaan.

Latihan fitnes memiliki banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya membantu meningkatkan kualitas tidur, membantu mempercepat metabolisme tubuh, membakar kalori pada tubuh, membantu membentuk otot- otot tubuh, menghilangkan nyeri akibat menstruasi, memicu keluarnya hormon endorfin yang akan membuat kita merasa bergairah, mencegah terjadinya penyusutan otak, menurunkan risiko terkena penyakit tertentu, memperkuat tulang, menurunkan berat badan, meningkatkan komposisi tubuh, sebagai penghilang stres, menyegarkan tubuh, membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, membuat tubuh terasa lebih bugar dan ringan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kamu dapat dengan melakukan latihan fitnes.

Namun meski demikian, asupan energi agar memiliki tenaga untuk melakukan gerakan-gerakan dalam latihan fitnes juga harus diperhatikan. Karena untuk melakukan aktifitas latihan fitnes,  tubuh membutuhkan energi agar dapat mengangkat beban saat latihan. Karena itu, makan sebelum melakukan latihan fitnes juga penting, agar tubuh mampu beraktivitas dan melakukan gerakan latihan fitnes, terkhusu bagi mereka yang baru memulai untuh berlatih, alias para pemula.

Nah, berikut adalah makanan yang harus kamu konsumsi sebelum melakukan latihan fitnes bagi para pemula :

1. Telur

Makanan berprotein tinggi seperti telur membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan tetap berenergi selama melakukan latihan fitnes, sebab tubuh mencerna protein lebih lambat ketimbang zat lainnya. Protein dalam telur juga membantu mengurangi rasa lapar selama melakukan latihan fitnes. Selain rendah kalori, telur kaya kandungan protein, vitamin D, vitamin B12, dan selenium yang bermanfaat untuk otot, jaringan, dan sel tubuh. 

2. Alpukat 

Protein alpukat sangat mudah diserap tubuh karena kandungan serat tinggi dalam buah ini. Buah ini juga diketahui memiliki banyak nilai nutrisi di dalamnya, termasuk karbohidrat, lemak, serat, protein, dan lainnya. Dalam 100 gram buah alpukat, terdapat karbohidrat sebesar 7,70 gram yang akan membuatmu kenyang lebih lama. Konsumsi alpukat setelah latihan fitnes juga dapat menggantikan energi yang hilang dan membantu mencegah peradangan saat latihan. 

3. Ayam

Ayam adalah makanan yang mengandung protein tinggi yang berguna untuk pembentukan otot dan terbilang  lebih rendah kandungan lemak jenuh dibanding daging merah. Disamping itu, ayam juga mengandung mineral berupa kalsium, tembaga, zat besi fosfor, kalium dan seng serta mengandung beragam vitamin diantaranya vitamin A dan berbagai vitamin B.

4. Jus Kunyit Atau Jamu Kunyit

Kunyit memiliki banyak kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh untuk membantu saat kamu latihan. Mineral yang terdapat dalam kunyit, di antaranya adalah magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth. Zat lain yang juga ada dalam kunyit adalah arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammar, dan tannin.

Kunyit memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat carminative yang artinya bisa menambah nafsu makan seseorang. Kunyit dapat meredakan rasa sakit dan nyeri pada tubuh. Minyak atsiri dalam kunyit berfungsi sebagai zat analgesic yang dapat meredakan pegal ataupun rasa sakit pada tubuh setelah latihan.

5. Kopi 

Minum kopi sebelum fitnes sangat baik untuk mengurangi nyeri karena intensitas tinggi selama latihan. Kafein dalam kopi mampu mendorong ketahanan otot dan mengurangi ketegangan di daerah otot. Selain itu, kafein juga memiliki sifat antioksidan yang mampu mempertahankan keremajaan otot dan menghindari penuaan berlebih pada otot sehingga otot lebih bugar dan terhindar risiko cedera setelah fitnes. Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan energi ekstra selama maupun setelah latihan.

6. Ubi Kayu

Ubi kayu memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Kandungan asam amino yang terdapat dalam singkong diperlukan tubuh untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak, dan lain sebagainya. 

Untuk meningkatkan stamina, siapkan 100 gram ubi kayu , 25 gram kencur, dan lima butir angco (kurma merah, bisa dibeli di toko obat maupun toko makanan Cina) yang telah dibuang bijinya, diblender dengan menambahkan air secukupnya. Lalu tambahkan madu dan diminum.

7. Kentang Rebus

Kentang kaya akan mineral penting yang bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membangun tulang yang kuat dan menjaga fungsi saraf dan otot. Kentang menjadi salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Kentang yang direbus lebih kaya akan protein, mineral, terutama kalium, fosfor, dan vitamin B kompleks serta vitamin C alami. Kentang rebus juga lebih rendah kalori dan lemak, namun tinggi kadar serat. 

8. Tiram

Tiram memegang peranan penting dalam pertumbuhan otot. Tiram mengandung lebih banyak zinc di bandingkan dengan semua sumber makanan lain. Zinc dapat mencegah berkurangnya jumlah testosteron dalam tubuh pria, sekalipun setelah melakukan latihan keras. 

9. Daging Merah

Daging merah mengandung protein, zat besi, magnesium, dan zinc. Dimana protein dan zinc berperan langsung dalam mengoptimalkan kadar testosteron pria dan membantu pembentukan otot tubuh.

10. Buah Bit

Buah bit mengandung vitamin C, magnesium, kalsium, serat, asam folat, caumarin, fosfor, betasianin, kalium, triptofan, zat besi dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya. Minum jus buah bit  bisa membantu mengurangi pengeluaran atau pembakaran energi dan oksigen saat fitnes. Dengan jus buah bit, tubuh akan terhindar dari kelelahan, keletihan, dan lesu.

Sekian mengenai makanan fitnes untuk pemula, agar latihannya jadi maksimal dari apa yang sudah dijelaskan di atas ya.
adsense 336x280

6 Responses to "Makanan Fitnes Untuk Pemula"