Makanan Fitnes Penambah Berat Badan

adsense 336x280
Makanan Fitnes Penambah Berat Badan
Makanan Fitnes - Foto : l-men.com


Fitnes memang telah menjadi olahraga atau senam yang populer di zaman ini. Biasanya orang yang gemar fitnes, akan melakukan fitnes secara rutin beberapa kali dalam seminggu. Biasanya, orang- orang memiliki  beberapa alasan mengapa melakukan fitnes. Alasan umum yang biasanya mereka inginkan adalah agar tubuh selalu bugar, agar tubuh menjadi ramping dan menarik, agar tubuh menjadi berisi atau gemuk, dan  untuk memulihkan kondisi tubuh.

Fitnes yang dilakukan secara rutin diharapkan untuk dapat membentuk otot- otot tubuh dan menjaga fitalitas tubuh seseorang. sebab dengan fitnes, kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Memiliki bentuk tubuh yang ideal tentu saja sudah menjadi impian bagi banyak orang, tidak terkecuali pria maupun wanita.

Untuk menambah berat badan, latihan angkat beban dalam olahraga fitnes sangat cocok untuk menambah massa otot menjadi lebih besar, sehingga berat badan juga bertambah. Selain itu, tubuh orang yang melakukan fitnes juga akan terlihat lebih berisi dan atletis.

Bagi orang- orang yang ingin menambah berat badan dengan melakukan fitnes, untuk lebih efektif dan cepat, sebenarnya mereka pun harus mengkonsumsi jenis makanan tertentu agar lebih membantu program penambahan berat badan mereka.

Menambah asupan kalori dalam daftar menu makanan sehari- hari adalah sebuah cara sederhana untuk menaikkan berat badan. Kebutuhan kalori harian untuk usia remaja dan dewasa adalah membutuhkan rata-rata 1.600-2.000 kkal setiap harinya. Jika kamu ingin menambah berat badan maka kebutuhan tersebut harus ditingkatkan. Misalnya menjadi 3.000-4.000 kkal setiap harinya.

Selain kalori, makanan yang mengandung protein pun harus pula ditingkatkan jika ingin menambah berat badan dengan menambah massa otot menjadi leih besar. Karena protein dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan otot dan sistem pembentukan tubuh. Dengan menambah massa otot menjadi lebih besar, berat badan pun juga akan bertambah. Sumber protein alami bisa kamu dapatkan dari makanan nabati dan hewani seperti, kacang-kacangan, kedelai dan olahannya, dada ayam, ikan dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, hal yang juga harus ditambah seiring dengan melakukan latihan fitnes untuk menambah berat badan adalah dengan menambah jadwal makan, makan lebih sering, atau sering- sering ngemil. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan asupan kalori di dalam tubuh seseorang.  Jika sebelumnya seseorang hanya makan 3 kali sehari, maka makanlah 5 sampai 6 kali sehari. Kamu dapat membagi cara makan ini menjadi 6 kali makan dengan 3 kali makan menu utama dan 3 kali makan menu makanan ringan seperti cemilan. Dengan makan lebih sering seperti ini, maka tubuh akan punya bahan baku yang cukup untuk membangun sel-sel otot serta mencukupi kebutuhan nutrisi  tubuh. namun demikian, sebaiknya hindari berbagai macam jenis junk food karena mengandung banyak sekali kalori dan lemak jahat yang berbahaya bagi kesehatan. 


Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu dalam pembentukan otot untuk menambah berat badan :

1. Kombinasi Kacang-Kacangan

Kacang adalah makanan spesial yang memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks.  Agar tubuh memperoleh asupan protein, kacang-kacangan juga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme. Kacang - kacangan memiliki asam lemak esensial, serat, protein, seng, magnesium, vitamin E dan B6 serta folat. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. 

Kacang almound diketahui memiliki kandungan protein yang sama dengan makanan lainnya,di dalam 100 gram kacang almound mengandung 22 gram protein. Kacang arab memiliki kandungan protein 23,8 gram per 100 gramnya.

2. Daging 

Daging mengandung protein, zat besi, magnesium, dan zinc. Dimana protein dan zinc berperan langsung dalam mengoptimalkan kadar testosteron dan pembentukan otot tubuh pada pria, serta membantu organ reproduksi progesteron dan estrogen pada wanita untuk berfungsi lebih efektif.
Dalam 100 gr daging sapi terkandung 14 gr protein tapi dalam 100 gram daging kambing ada 27 gr kandungan protein. Selain itu, dalam daging kambing pun terkandung nutrisi gizi penting lainnya seperti zat besi, vit B12, selenium dan fosfor.

3. Alpukat 

Protein alpukat sangat mudah diserap tubuh karena kandungan serat tinggi dalam buah ini. Alpukat juga penuh dengan lemak jenuh, asam folat dan vitamin C, E dan K. Konsumsi alpukat setelah fitnes untuk menggantikan energi yang hilang. 

Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan saat latihan. Selain itu, alpukat memiliki kandungan vitamin K dan juga kalsium yang tinggi yang mampu memberi stimulasi dan lubrikasi secara alami untuk persendian tulang seperti leher, pergelangan tangan, pinggul, lutut, kaki dan pergelangan kaki.

4. Roti Gandum Dan Selai Kacang

Karbohidrat merupakan sumber energi sedangkan protein dan lemak dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Seperti diketahui, serat membuat perut terasa penuh dan kenyang dalam waktu lama selain itu juga melancarkan sistem pencernaan. Nikmatilah roti gandum bersama telur atau selai kacang sebelum latihan fitnes.

5. Telur

Telur adalah sumber protein dan kolesterol yang baik untuk pembentukan hormon penting di dalam tubuh. Telur mengandung banyak protein dan lemak yang sangat kaya akan vitamin dan juga mineral yang banyak manfaatnya. sebuah telur ukuran besar mengandung sekitar  6.3 gram protein, 3.6 gram protein di dalam putih telurnya dan 2.7 gram protein kuning telur. Protein memiliki peranan penting untuk pembentukan sel tubuh. Bahkan, protein juga merupakan salah satu unsur utama dalam penyusun otot. Protein  secara efektif berguna untuk membangun otot.

6. Kentang

Kentang kaya akan mineral penting, yang bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membangun tulang yang kuat dan menjaga fungsi saraf dan otot. Pada kentang terkandung zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati, kalsium, serta mineral - mineral penting lainnya. Kentang yang direbus lebih kaya akan protein, mineral, terutama kalium, fosfor, dan vitamin B kompleks serta vitamin C alami.

7. Tiram

Tiram memegang peranan penting dalam pertumbuhan otot dan tingkat testosteron pada pria. Tiram mengandung lebih banyak zinc di bandingkan dengan semua sumber makanan lain. Hanya dengan makan enam kerang kecil saja dalam sehari, dapat memberikan efek tujuh kali lipat zinc. Zinc dapat mencegah berkurangnya jumlah testosteron dalam tubuh, sekalipun setelah melakukan latihan keras.

Artikel mengenai makanan fitnes ini semoga menjadi bacaan yang bermanfaat ya. Untuk informasi selanjutnya, perlu diketahui apa saja makanan fitnes untuk pemula, silahkan disimak.
adsense 336x280

2 Responses to "Makanan Fitnes Penambah Berat Badan"