Makanan Agar ASI Banyak

adsense 336x280
Makanan Agar ASI Banyak - Setiap ibu tentu menginginkan anak yang tumbuh sehat. Salah satu yang menjadi kebutuhan seorang anak di usia dini adalah ASI (Air Susu Ibu). Kebutuhan bayi akan ASI memang mutlak diperlukan sebab ASI dianggap sebagai makanan terbaik bagi bayi. 

Makanan Agar ASI Banyak

ASI memang memiliki gizi yang sempurna. ASI dianggap jauh lebih baik jika dibandingkan dengan susu kaleng atau susu kemasan. Oleh karena itu, tidak ada makanan atau minuman yang bisa menggantikan ASI dengan lebih baik. 

Bagi ibu menyusui, memiliki produksi ASI yang berkualitas adalah hal yang mutlak untuk dimiliki. Hal ini terkhusus bagi mereka yang ingin menyajikan ASI ekslusif bagi sang bayi. Nah,untuk memiliki produksi ASI yang berkualitas, ibu perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi agar produksi ASI melimpah sehingga program ASI ekslusif dapat berjalan dengan lancar. Sebab ASI yang berkualitas akan mempengaruhi tumbuh kembang buah hati.

Untuk menjaga kualitas produksi ASI, sang ibu harus memperhatikan pola makan yang baik dan benar supaya dapat menghasilkan ASI yang baik dan berkualitas. Karena itu seharusnya ibu mengonsumsi makanan yang baik dan sehat supaya menunjang produksi ASI. 

Nah, berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi agar ASI melimpah: 

1. Daun Katuk 

Daun katuk sangat popular di kalangan ibu menyusui oleh karena itu daun katuk sering di manfaatkan untuk ibu menyusui agar ASI melimpah. Kandungan gizi daun katuk Dalam 100 gr daunnya: energi 59 kal, protein 6,4 gr, lemak 1,0 gr, karbohidra 9,9 gr, serat 1,5 g, abu 1,7 g, kalsium 233 mg, fosfor 98 mg, besi 3,5 mg, karoten 10020 mcg (vitamin A), B, dan C 164 mg, serta air 81 g.

Untuk penambah ASI, daun katuk memiliki kandungan laktagagum yang dapat meningkatkan produksi ASI. Daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI diduga berdasarkan efek hormonal dari kandungan kimia sterol yang bersifat estrogenik. Selain itu kandungan steroid dan polifenol juga dapat meningkatkan kadar prolaktin yang baik untuk kesehatan ibu.

2. Edamame atau Kedelai 

Edamame atau kedelai Jepang merupakan sumber protein nabati. Kandungan protein non hewani dari kacang kedelai sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi ASI ibu. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin K, mangan, asam folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui. 

3. Bunga Pepaya 

Bunga Pepaya secara umum adalah sumber yang sangat baik serat, folat, vitamin A, C dan E. Selain itu juga mengandung sejumlah kalsium, besi, riboflavin, thiamine, dan niacine. Bunga pepaya sangat tinggi vitamin C, A, dan nutrisi seperti flavonoid dan betakaroten, namun rendah kalori dan sodium.
Bunga pepaya juga diyakini sangat membantu dalam pertumbuhan payudara. Hormon medium dan vitamin A yang terkandung dalam enzim pepaya, bisa merangsang hormon wanita untuk menghasilkan jumlah ASI yang lebih banyak bagi mereka yang sedang dalam masa menyusui. Selain itu, bunga pepaya juga bisa merangsang nafsu makan. Biasanya bunga pepaya dikonsumsi dengan cara ditumis. 

4. Bayam Hijau atau Merah 

Sayuran hijau merupakan jenis makanan yang paling baik bagi tubuh manusia. Banyaknya kandungan vitamin, dalam sayur hijau menjadikannya makanan yang selalu menjadi rekomendasi untuk menjaga kesehatan seseorang. 

Bayam kaya vitamin B6, za besi, protein, thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, C, E, K dan B6. Bayam rendah kalori, sama sekali tidak mengandung lemak, tapi kaya nutrisi. Vitamin dan mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Untuk ibu menyusui, bayam dapat diolah menjadi sayur bening. Pilih bayam yang warna pekat, hijau atau merah. Kepekatan warna adalah salah satu ciri kandungan karoten yang lebih banyak yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. 

5. Pare atau Paria 

Pare atau paria ini memang sangat pahit rasanya. Tapi, ternyata pare memiliki khasiat yang sangat manjur untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI. Pare atau paria mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker. 

6. Kacang Hijau 

Kacang hijau (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kacang hijau memiliki banyak sekali kandungan gizi didalamnya seperti vitamin, protein, fosfor, kalsium, lemak dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kacang hijau juga bisa dijadikan suplemen untuk mencerdaskan otak si kecil dan dapat membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu. 

7. Pepaya 

Buah pepaya mengandung lebih dari 50 vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Buah pepaya baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui. 

Penelitian membuktikan bahwa, pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara. Selain itu, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang. Buah pepaya juga diyakini sangat membantu dalam merangsang hormon wanita untuk menghasilkan jumlah ASI yang lebih banyak bagi mereka yang sedang dalam masa menyusui.

8. Semangka 

Semangka merupakan buah yang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, energi, lemak, serat pangan, gula, protein dan air. Jenis vitamin pada buah ini misalnya betakaroten, tiamin (Vit. B1), riboflavin (Vit. B2), niacin (Vit. B3), vitamin B5, asam pantotenat, vitamin B6, folat, dan vitamin C. Sedangkan mineral yang tertanam di dalamnya adalah kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, dan zat besi.

9. Bawang Putih

Dari jenis makanan yang meningkatkan produksi ASI, bawang putih adalah salah satu makanan yang paling mudah untuk dimasukan ke dalam menu makan ibu. Bawang putih memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Bawang putih membantu melindungi tubuh dari efek merusak radikal bebas. Kandungan sulfur bawang putih juga mencegah penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, menggunakan bawang putih dalam masakan dapat meningkatkan jumlah ASI.

10. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi dan fosfor, serta  beta karoten penghasil antioksidan. Antioksidan yang dihasilkan oleh ubi tersebut mampu menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh ibu. Selain itu, daun ubi jalar juga mampu meningkatkan produksi ASI. Di dalam daun ubi jalar terkandung zat zat laktagogum yang dapat membantu ibu dalam meningkatkan produksi ASI. Selain itu ternyata daun ubi jalar mengandung zat besi.

Sekian informasi tentang makanan agar asi banyak, semoga bermanfaat ya untuk keseharian ibu yang memiliki anak susuan.

adsense 336x280

1 Response to "Makanan Agar ASI Banyak"