Cara Makan Buah Bit dan Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

adsense 336x280
Buah bit adalah buah yang mirip seperti ubi jalar. Walaupun sangat mirip, namun daging dan manfaatnya sangatlah berbeda. Jika dibelah,  buah bit memiliki daging buah yang berwarna merah darah. Buah bit memiliki rasa buah yang khas. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dibuat jus. Jus buah bit tanpa gula atau mengkonsumsinya secara langsung. 

Cara Makan Buah Bit dan Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh
Cara Makan Buah Bit

Untuk membuat jus, sebelum memotong buah bit, pakai sarung tangan untuk melindungi tangan dari warna merah buah bit. Lalu kupas kulitnya dan dipotong-potong. Kemudian cuci bersih dan dimasukkan ke dalam blender.  Selain untuk jus, kamu juga bisa merebus buah bit sebentar untuk dijadikan salad. 

Buah bit mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting. Buah bit banyak mengandung vitamin C, magnesium, kalsium, serat, asam folat, caumarin, fosfor, betasianin, kalium, triptofan, zat besi dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya. 

Manfaat Buah Bit dan Cara Mengkonsumsi

Membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh 

Buah bit dapat membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh, melawan infeksi dan radang, mengatasi masalah batu ginjal, detoksifikasi alami tubuh, dan pembersi usus. Untuk detoksifikasi, caranya siapakan 1 buah apel, 1 buah pir, ½ buah bit ukuran besar, masukkan ke alat pembuat jus atau blender. Lalu aduk 2 sdm pysllium husks (bisa beli di toko makanan sehat dan toko organik). Segera diminum. Psyllium husk adalah serat yang berfungsi untuk membawa kotoran di usus besar untuk dikeluarkan dengan lebih cepat.

Selain itu, campuran lain yang bisa digunakan adalah ½ bit ukuran sedang dan 1 buah ketimun ukuran kecil di masukkan ke alat pembuat jus atau blender. Tambahkan 1 ½ cangkir soda water. Lalu beri perasan air jeruk nipis atau lemon.

Menghancurkan sel tumor dan sel kanker

Jus buah bit kaya akan kandungan antioksidan yang dibutuhkan oleh para pasien kanker. Untuk memperoleh antioksidannya, siapkan 2 buah wortel ukuran sedang dan cincang, ½ bit ukuran sedang dicincang, 2 batang selederi lokal atau 1 batang selederi impor, 30 gram bayam dan 4 batang parsley. Semuanya dijus dan segera diminum.

Mengatasi anemia dan memproduksi sel-sel darah merah

Bit kaya akan zat besi yang dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Kandungan zat besinya yang cukup tinggi, dapat mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah, serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah. Untuk mengobati anemia, cuci bersih buah bit, lalu dipotong dan dimasukkan ke dalam blender atau juga bisa diparut. Kemudian saring airnya dan minum sebanyak 1 gelas jus buah bit.

Meningkatkan stamina

Minum jus buah bit  bisa membantu orang berolah raga lebih, mengurangi pengeluaran atau pembakaran oksigen saat olah raga, sehingga rasa capek yang disebabkan oleh olah raga berkurang. Dengan jus buah bit, tubuh akan terhindar dari kelelahan, keletihan, dan lesu. Minum jus buah bit pada malam hari juga bisa meningkatkan gairah dan stamina suami istri, menambah energi, dan melancarkan aliran darah. 

Mengatasi masalah pencernaan

Minum jus bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis, efektif untuk mengatasi masalah pencernaan, rasa mual, nyeri, diare, disentri. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi masalah di perut. Daun bit juga bermanfaat menanggulangi sakit demam kuning dan pencernaan. Cara lainnya adalah dengan merebus buah bit satu buah ukuran sedang yang diiris-iris. Lalu airnya diminum sebelum tidur sebanyak satu gelas. Air rebusan bit ini akan membantu gerakan otot perilstatik, untuk melancarkan buang air besar keesokan harinya.

Mengatasi masalah ketombe

Untuk mengatasi masalah ketombe yang, cobalah merebus bit dengan sedikit cuka alami. Lalu dioleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Bungkus dengan handuk dan biarkan semalaman. Lalu bilas atau keramas keesokan harinya.

Pewarna makanan alami

Kandungan betanin dalam buat bit menghasilkan warna merah cemerlang yang dapat dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, telur paskah, jeli, dan lain sebagainya.

Pewarna rambut

Saat kamu akan mewarnai rambut dengan bubuk henna, cobalah pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut akan hitam dengan gradasi burgundy yang alami. 

Baik untuk bayi

Manfaat buah bit tidak hanya untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil saja, namun buah bit juga sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi. Kandungan kalsium dan fosfor di dalam buah bit sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi, bayi pun akan mudah untuk merangkak kemudian berjalan. Buah bit mampu memperbaiki dan menciptakan hemoglobin di dalam darah, sehingga sel darah merah yang ada di dalam tubuh bayi akan semakin stabil dan bayi juga akan terhindar dari anemia. Kandungan mineral yang banyak terkandung dalam buah bit dipercaya sangat bermanfaat untuk menahan dan mencegah peradangan yang berasal dari virus dan bakteri, yang biasanya dialami oleh bayi. Selain itu, memberikan jus buah bit untuk bayi juga dapat merangsang kecerdasan otak bayi.

Saat mengonsumsi atau memasak buah bit, kulit pada akar buah bit sebaiknya dibuang, atau dicampur dengan buah atau sayur lainnya, karena akar bit saja bisa membuat tali pita kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali kalau kamu minum jus murni dari akar bit organik yang justru akan menyembuhkan kekakuan atau kelumpuhan pada pita suara. 

Demikian informasi tentang Cara Makan Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.
adsense 336x280

4 Responses to "Cara Makan Buah Bit dan Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. How to stop the bleeding in the uterus can be a way herbs are made dair golden sea cucumber more information, please check here. Cara Menghentikan Pendarahan Di Rahim

    ReplyDelete
  2. Thank you infonya... Baru mulai nanam beet red ball. Kalo untuk daunnya bisa bebas dikonsumsi kah?

    ReplyDelete