Makanan Saat Haid Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari

adsense 336x280
Haid adalah “tamu” bulanan yang umumnya dirasakan oleh setiap wanita. Saat haid datang, biasanya wanita akan mengalami nyeri yang berlebihan pada bagian perut bawah, pinggang dan sekitaran punggung. 

Makanan Saat Haid
Makanan Saat Haid Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari
Gambar: derazine.com

Makanan yang bisa meredakan nyeri haid saat

Kacang 

Kacang mengandung omega 3 dan lemak tak jenuh.

Biji gandum

Kandungan karbohidrat di dalamnya dapat menyuplai vitamin dan mineral bagi tubuh. Serta serat pada biji gandum akan membuat keadaan tubuh jadi stabil ketika menstruasi.

Buah

buah kaya akan serat yang dapat membantu proses pencernaan dan menjaga kesehatan perutmu saat haid.

Daging merah

Konsumsi daging merah yang kaya akan zat besi akan mencegahmu dari anemia dan gejala PMS. Namun jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Sayuran hijau

Kandungan zat besi dan vitamin B pada sayuran hijau juga efektif dalam menjaga siklus menstruasi agar tetap normal.

Makanan dan minuman yang perlu dihindari saat menstruasi

Gorengan

makanan olahan ini juga mampu meningkatkan kadar hormon esterogen dalam tubuh, karena mengandung kadar lemak yang tinggi. 

Kopi dan soft drink

Kandungan yang terdapat pada kopi dan soft drink tidak baik untuk kesehatan dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat haid, walaupun Kedua minuman ini dipercaya bisa meningkatkan energi sehingga bisa menghilangkan rasa sakit yang berlebihan saat menstruasi. kafein memiliki efek yang mampu menyempitkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah mengalami penyempitan, maka yang terjadi adalah dehidrasi. Dehidrasi yang kamu rasakan ketika periode menstruasi dapat menjadi depresi ringan yang menimbulkan sakit kepala. Selain itu, kandungan kafein yang terdapat pada kopi dan soft drink bahaya untuk kesehatan organ reproduksi dan kesuburan wanita. 

Junk food

Selain menambah berat badan, makanan ini pun memicu peningkatan kadar LDL. Tingginya kalori dan kadar garam menyebabkan berbagai kerugian untuk tubuh. Kadar kolestol tinggi pada tubuh bisa mempengaruhi kesuburan.  

Coklat

Kebanyakan orang percaya bahwa coklat bisa membuat kita tenang dan selalu senang. Kandungan kafein dalam coklat bisa membuat tenang pikiran. Sehingga banyak wanitan saat PMS atau saat menstruasi menggunakan coklat untuk penghilang rasa nyeri. Namun, jika terlalu banyak mengkonsumsi coklat akan berdampak negatif bagi kesehatan. Coklat mengandung kefein yang cukup berbahaya buat kesehatan dan kesuburan. Jika terlalu banyak mengkonsumsi coklat kemungkinan besar bisa memicu adanya gangguan kesuburan sekalipun coklat dipercaya sebagai obat penenang. 

Makanan yang Dipanggang

Pada setiap makanan yang dipanggang terkandung lemak trans dalam jumlah yang besar, yang dapat meningkatkan kadar hormon esterogen dalam tubuh, dan menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa sakit pada rahim. 

Makanan Kaleng dan Olahan

Dalam setiap makanan kaleng, selalu terdapat kandungan sodium. Sodium adalah kandungan yang harus kamu hindari karena dapat menyebabkan retensi air, yang dapat membuat tubuh menjadi bengkak. 

Saat periode menstruasi datang, seringkali membuat wanita berada dalam mood yang buruk. Mengonsumsi beberapa makanan dan menghindari beberapa makanan di atas, mungkin bisa membantu kamu untuk mencegah gejala yang tidak menyenangkan terjadi saat menstruasi datang.
adsense 336x280

1 Response to "Makanan Saat Haid Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari"