Cara Makan Buah Delima dan Manfaatnya Sebagai Obat

adsense 336x280
Buah delima atau Pomegranate bukan merupakan buah asli dari Indonesia, namun keberadaanya sangat mudah ditemui di Indonesia. Buah delima dapat ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias. Buah delima dapat ditanam di dalam pot atau bisa juga langsung ditanam di tanah.  ada tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu.

Cara Makan Buah Delima


Cara Mengonsumsi Buah Delima dan Manfaatnya

Buah delima memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Namun banyak orang hanya menjadikan buah delima sebagai tanaman hiasan di halaman rumah saja, tanpa mau memanfaatkan khasiat yang terkandung di dalamnya. buah delima yang sudah matang sering kali dibiarkan begitu saja jatuh di tanah dan menjadi sampah. Padahal, buah delima memiliki banyak manfaat bagi manusia. 

Biji buah delima sangat kaya akan minyak alami, bahkan kandungan minyak dalam biji delima dapat mencapai 20% dari berat total biji delima. kandungan terbesar dari minyak biji delima ini adalah asam linoleat dan asam lemak omega-3. Selain minyak alami, komposisi biji delima lainnya terdiri dari protein, serat kasar, vitamin, mineral, dan senyawa polifenol.

Kemalasan seseorang untuk mengonsusmsi ataupu memanfaatkan buah delima mungkin dipicu juga sulitnya mengeluarkan isi buah delima yang berupa biji-bijian berwarna merah itu dari cangkang buahnya. 

Sebenarnya, buah delima bisa dikeluarkan tanpa alat khusus. Untuk mengeluarkan isi dari buah delima, memiliki cara tersendiri. Caranya, belah buah delima menjadi dua bagian. Setelah buah delima dibelah menjadi dua, ambil sebuah sendok makan dan siapkan priring atau mangkuk untuk wadahnya nanti. Ambil buah delima yang sudah dibelah tadi, posisikan di atas wadah dengan punggung buah berada di atas. Selanjutnya, gunakan sendok makan untuk memukul-mukul punggung buah delima sampai isi buah delima habis tak bersisa. Dengan cara seperti ini, isi dari buah delima akan keluar tanpa memerlukan waktu yang lama. Dan selanjutnya kamu bisa menikmati buah delima sesuai selera.

Buah delima bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung, atau dibuat menjadi jus. Cara membuat jus dari buah delima sama seperti membuat jus dari buah-buahan lain. Caranya, ambil isi atau biji buah delima, lalu masukkan ke dalam blender. Masukkan sedikit es batu yang sebelumnya sudah dihancurkan. Kamu bisa tambahkan sedikit gula pasir atau sirup agar rasanya manis. Kemudian blender bahan-bahan tadi hingga tercampur rata. Bila kamu tidak suka teksturnya yang kasar saat diblender, kamu dapat menyaringnya terlebih dahulu. Tuangkan pada gelas dan siap untuk dihidangkan.

Setengah cangkir porsi biji delima beserta daging buah tipisnya diketahui dapat memberikan 72 kalori, 1,5 gr protein, 16 gr karbohidrat, 3,5 gr serat pangan, dan 0 gr lemak bagi tubuh. Selain itu, untuk porsi yang sama, biji dan daging buah tipis buah delima dapat memasok sekitar 16% vitamin K dan 10% vitamin C dari jumlah asupan harian yang disarankan bagi orang dewasa. 

Manfaat Buah Delima sebagai Obat Alami

Mencegah kanker

Buah delima dapat menghentikan kerusakan sel dan mencegah kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru-paru.  Jumlah zat antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan zat besi dalam buah delima bermanfaat untuk memerangi dampak radikal bebas. 

Mencegah penyakit jantung

Antioksidan dalam buah delima akan menurunkan kolesterol jahat (LDL),  dan meningkatkan kolesterol baik(HDL) . Dengan demikian akan meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga membuat jantung tetap sehat. 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam buah delima sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah delima yang berukuran menengah mengandung sekitar 15 % vitamin C dari kebutuhan harian. 

Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang banyak terdapat dalam buah delima berguna untuk membantu memproduksi kolagen untuk kulit yang sehat. Zat antioksidan yang tingga dalam buah delima akan melindungi kulit dari polusi, mencegah penuaan dini, dan kanker kulit. Buah delima juga membantu meregenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel mati dan kulit kusam, sehingga akan membuat kulit menjadi sehat dan bersinar. 

Mencegah osteoartritis

Jus buah delima yang dikonsumsi setiap hari bisa memberikan kekuatan untuk tulang, serta mencegah kondisi osteoarthritis. 

Menyehatkan Arteri

Plak yang terbentuk pada arteri bisa dikikis dengan cara makan buah delima setiap hari. Arteri yang sehat akan memastikan kesehatan jantung, serta terhindar dari darah tinggi, dan stroke. 

Tekanan darah tinggi

Jus buah delima yang diminum setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5 %. 
Mengendalikan berat badan

Manfaat antioksidan dari buah delima akan membantu untuk mengendalikan berat badanmu. Kamu bisa memasukkan buah delima ke dalam diet harian untuk menghilangkan kalori ekstra. 

Mencegah penyakit Alzheimer

Jika buah delima dikonsumsi setiap hari, akan bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer atau memperlambat perkembangannya. mengonsumsi buah delima juga akan meningkatkan kemampuan otak penderita. 

Menjaga Kesehatan Kulit

Buah delima mampu merangsang proliferasi keratinosit , sel-sel yang membentuk lapisan terluar dari kulit. Peningkatan jumlah sel-sel akan memungkinkan kulit untuk memperbaiki diri dengan lebih baik. Senyawa tertentu dalam buah delima juga akan menghentikan enzim yang menghambat kolagen, sehingga kesehatan kulit akan selalu terjaga. Kolagen adalah komponen dasar kulit, yang menjamin kulit agar tetap lembut, halus dan kencang, serta membantu pertumbuhan fibroplasts, yaitu sel-sel yang memproduksi elastin dan serat untuk kulit agar tetap halus dan lentur. 

Membantu Regenerasi sel

Buah delima dapat membantu memproduksi antioksidan alami oleh tubuh, yang akhirnya akan membantu meregenerasi sel kulit. Buah delima juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu memperbaiki jaringan kulit dan penyembuhan luka. Buah delima akan melindungi lapisan luar kulit, dan memfasilitasi regenerasi sel kulit di lapisan kulit dalam. 

Pengobatan Jerawat

Buah delima yang merupakan sumber yang kaya vitamin C dapat mengatur produksi sebum, yaitu zat berminyak yang disekresikan oleh kulit yang merupakan akar penyebab timbulnya jerawat. Delima juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Mengoleskan jus delima pada daerah yang terkena jerawat akan membantu mennghilangkan bekas jerawat dengan menumbuhkan jaringan baru di daerah yang terkena. 

Bermanfaat untuk Kulit Kering

Buah delima mengandung asam punicic yaitu asam lemak omega 5, yang mencegah hilangnya kelembaban kulit. Asam punicic atau asam lemak omega 5 memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit kering, pecah-pecah, dan iritasi.  

Anti penuaan dini

Jus buah delima bermanfaat untuk kulit yang rusak karena paparan UV sinar matahari maupun akibat proses penuaan. Buah delima akan memperbaiki kerusakan kulit, sehingga kulit halus dan awet muda. Minyak biji delima akan membantu memperkuat lapisan epidermis untuk mengurangi atau menunda kulit keriput. Kolagen dan elastin dalam buah delima menunjang kulit agar memiliki elastisitas, sehingga tetap awet muda dan meminimalkan terjadinya keriput. 

Perlindungan kulit dari sinar matahari

Buah delima dapat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat radikal bebas, mencegah kanker kulit,  menghilangkan tanda kulit terbakar,  dan mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari. Minyak biji delima mengandung banyak asam ellagic, yaitu antioksidan polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kulit dan bisa memberikan perlindungan terhadap kanker kulit. 

Mengobati luka dan Radang Kulit

Buah delima mengandung polifenol, serta senyawa lain yang memiliki sifat anti inflamasi. Biji delima juga memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka akibat goresan. Mengkonsumsi buah delima akan mempercepat penyembuhan kulit luka dan infeksi. Selain itu, buah delima juga akan menghilangkan bekas luka di kulit. 

Mengonsumsi jus buah delima takaran 250 cc mengandung sekitar 50% vitamin A, C, dan E dari jatah harian yang direkomendasikan (recommended daily allowance (RDA)), 100% RDA untuk folic acid dan 13% RDA potassium.

Mengonsumsi buah jus delima segelas sehari bisa mengurangi kenaikan antigen penderita kanker prostat yang sudah menjalani operasi atau terapi radiasi kanker prostat.

Kadar gula yang terkandung dalam buah delima mungkin melebihi kadar gula maksimum untuk jatah harian, maka mungkin kurang cocok bagi penderita diabetes yang harus diet rendah gula. Secara umum biji buah delima dinyatakan sangat aman untuk dikonsumsi, karena sejarah panjang mereka yang telah dijadikan sebagai makanan dan obat tradisional selama ribuan tahun.
adsense 336x280

73 Responses to "Cara Makan Buah Delima dan Manfaatnya Sebagai Obat"

  1. the information you share is very rewarding and inspiring me to make the article better drugs obat kista alami

    ReplyDelete
  2. Baca Juga Pilihan Makanan Untuk Membentuk Tubuh Lebih Indah CEK DISINI AGAN AND SIS

    ReplyDelete
  3. tahukah kamu tentang tanaman herbal yang paling banyak dimanfaatkan berikut ini ? temukan jawabnnya di web kami.

    ReplyDelete
  4. I was very fortunate to be able to visit your page. You can also find interesting information about health here. The one of it is Obat Diabetes Kering

    ReplyDelete
  5. How to stop the bleeding in the uterus can be a way herbs are made dair golden sea cucumber more information, please check here. Cara Menghentikan Pendarahan Di Rahim

    ReplyDelete
  6. Obat Ayan Anak dan Dewasa Paling Ampuh produk herbal varian terbaru yang diciptakan untuk menghasilkan produk herbal berkualitas tinggi dengan khasiat yang lebih lengkap dan secara efektif membantu penyembuhan berbagai penyakit salah satunya adalah sebagai obat ayan.

    ReplyDelete
  7. Mata silinder mempunyai istilah medis astigmatism. Istilah tersebut mengacu terhadap keadaan mata yg mengalami penglihatan kabur.Definisi dan Cara Pengobatan Mata Silinder
    Bukan cuma tubuh saja yg mampu lelah tapi mata pun dapat seperti itu.Cara Alami Mengatasi Mata yang Lelah
    Sinar yg direfleksikan dari satu buah objek masuk ke mata lewat kornea, selanjutnya difokuskan oleh lensa mata ke retina.Gejala dan Cara Mencegah terjadinya Penyakit Mata Minus
    Penyakit mata amat beraneka ragam & tak semuanya akan menular.Jenis-jenis dan Pengertian Penyakit Mata
    Dengan mata Kamu sanggup menonton keindahan dunia.Cara Memutihkan Mata Kuning Secara Alami

    ReplyDelete
  8. Presbiopi ialah suatu istilah buat mata manusia kehilangan kebolehan buat dengan cara bertahap konsentrasi terhadap objek jangka pendek.Penyebab, Gejala dan Pengobatan Mata Presbiopi
    Rabun senja (nyctalopia) yakni kesukaran penglihatan ketika senja atau tengah malam hari, atau kepada kondisi cahaya remang-remang.Pengobatan Tradisional Penyakit Mata Rabun Senja Paling Efektif
    Salah satu kiat mengobati kanker mata memanfaatkan laser terapi (laser photocoagulation).Penanganan dan Pencegahan Penyakit Mata Retinoblastoma
    Pterygium adalah kondisi mata yang ditandai dengan tumbuhnya selaput yang menutupi bagian putih pada bola mata.Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Mata Pterigium
    Berikut merupakan beberapa cara mengobati mata merah, perih dan berair yang dapat Anda praktikkan di rumah.Cara Mengobati dan Menghindari Mata Merah Secara Alami

    ReplyDelete
  9. very nice what you say. said, polished and elegant very, very good. To view website you is very nice, definitely take the time to make a success like this.
    emping adalah penyebab asam urat
    makanan yang sehat untuk tulang
    obat hidung tersumbat karena penyakit
    obat pembesar payudara
    obat herbal asam urat

    ReplyDelete
  10. Mata merah condong mengganggu dikala berkomunikasi bersama orang lain.Mengantisipasi Mata Merah dan Mengenal Gejala, Peyebab serta Pengobatannya
    Hyperopia yakni Hipermetropi yg berarti bahwa seorang sanggup menyaksikan objek jauh, tapi buat visi sudah kabur.Gejala, Penyebab dan Pengobatan Mata Hipermetropi
    Mata minus atau dinamakan juga sebagai myopia ialah salah satu type penyakit mata akibat menurunnya fungsi mata dalam menonton jarak jauh.Makanan Sehat Untuk Penderita Rabun Jauh (Mata Minus)
    Korpus vitreum melekat kepada retina, seiring bertambahnya umur sehingga vitreus makin menyusut volumenya & mengerut.Bahaya Gejala Saraf Lepas Mata dan Penyebabnya
    Mata Kamu merupakan bidang mutlak dari kesehatan Kamu. masih banyak aspek yg akan Kamu melakukan buat menjaga kesehatan mata & menentukan penglihatan Kamu masih baik.Menjaga Kesehatan Mata dengan Baik

    ReplyDelete
  11. Pankreas yakni salah satu organ yg mempunyai peran utama dalam mengubah makanan energi oleh eksokrin enzim & enzim kendala endokrin. Gejala Kanker Pankreas Yang Wajib Diwaspadai
    Karakteristik & gejala kanker otak yaitu salah satu penyakit kronis yg menyerang organ otak. Gejala dan Ciri-ciri Kanker Otak Kamu Harus Tau
    Buat Kamu pria mesti berhati-hati kanker testis. Penyakit ini yakni pertumbuhan sel terorisme di testis (buah penis). Pria Wajib Mengetahui Gejala Kanker Testis
    Kanker serviks atau kanker leher rahim menyebabkan kematian No. dua dunia sesudah kanker payudara. Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Diketahui Wanita
    Ada di antara kalian pendatang diwaktu ini ke luar sana, & serentak sesudah tiap-tiap makanan yg tersaji di restoran serentak saji. Cara Mencegah Penyakit Kanker Ginjal Dengan Sayuran

    ReplyDelete
  12. thank for to information, thanks to your article. Thank you, I've recently been searching for information about this topic for a while and yours is the greatest I have found out so far. berikut ini adalah artikel yang membahas tentang Agen Vig Power Capsule Yogyakarta || Resep Obat Agar Penis Keras dan Tahan Lama || Ejakulasi Dini || Obat Penambah Sperma || Obat Pembangkit Girah Seksual || semoga bisa berguna dan dimanfaatkan dengan baik. Atas kekurangannya saya ucapkan mohon maaf, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.. hee

    ReplyDelete
  13. buah delima emang keren, udah rasanya enak khasiatnya juga banyak
    Obat Jerawat

    ReplyDelete
  14. My first visit to this site, thank you for sharing and do not forget to visit my blog
    https://kesehatansistempencernaan.wordpress.com/

    ReplyDelete
  15. Greetings, good article.
    Also do not forget to stop by on my blog
    http://jajangherbal.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Symptoms painful toothache on in the teeth wherein there arises a problem that was most annoying. gejala sakit gigi

    ReplyDelete
  18. Symptoms painful toothache on in the teeth wherein there arises a problem that was most annoying. gejala sakit gigi

    ReplyDelete
  19. Oral health can be an indicator of quality of life. Therefore, in order to survive humans need energy from food. pengobatan sakit gigi

    ReplyDelete
  20. Everyone will want to have clean and strong teeth, fresh breath, and gum pink and do not bleed, is everyone's dream. obat sakit gigi anak

    ReplyDelete